Minggu, 22 April 2012

Hancurkan Roma, Juventus Mulai Jauhi Milan

Juventus vs Roma/ Getty Images

Juventus berhasil memanfaatkan benar kegagalan AC Milan meraih poin penuh dari Bologna di San Siro, (22/4). Saat menjamu AS Roma, di Stadion Juventus Arena, I Bianconeri mengamuk. Tak tanggung-tanggung, empat gol tanpa balas digelontorkan ke gawang I Lupi.
Hasil ini tentunya bukan hanya membuat Juventus kembali bertakhta, perlahan mereka pun mulai menjauh dari kejaran Milan. Dengan lima laga sisa, I Bianconeri kini unggul tiga poin dari I Rossoneri, dan masih mempertahankan status tak terkalahkan selama 33 laga.
Laga baru berjalan empat menit, Juventus sudah unggul 1-0 lewat kaki Arturo Vidal. Menerima umpan silang dari Paolo De Ceglie, Vidal yang bebas tanpa kawalan meneruskan bola ke sudut kanan gawang Roma dengan sepakan kaki kirinya.
Empat menit berselang, Vidal mencetak gol keduanya. Kali ini umpan Mirko Vucinic yang ia teruskan dengan tembakan keras kaki kanannya. Kiper Maarten Stekelenburg pun tak bisa berbuat banyak menyaksikan dua gol bersarang di gawangnya dalam tempo cepat.
Bahkan, petaka bagi Roma bertambah pada menit ke-27. Pelanggaran Stekelenburg terhadap Claudio Marchisio tak hanya berbuah kartu merah, pun hadiah penalti untuk Juventus. Eksekusi Andrea Pirlo memang berhasil diblok kiper pengganti, Gianluca Curci. Namun, Pirlo berhasil menyambar bola muntah dan membuat Juventus unggul 3-0.
Unggul jumlah pemain, Juventus makin leluasa menekan pertahanan Roma. Sayang, meski menciptakan beberapa peluang, pasukan Antonio Conte gagal menambah pundi-pundi gol di babak pertama. Skor 3-0 bertahan hingga turun minum.
Memasuki babak kedua, permainan Roma masih belum membaik. Tampil dengan sepuluh orang membuat mereka semakin kesulitan berkembang. Sementara Juventus tak memberi ruang sedikitpun bagi tamunya untuk berpanas. Tekanan demi tekanan terus dilacarkan skuad asuhan Antonio Conte ini.
Hasilnya, pada menit ke-52 giliran Claudio Marchisio yang menambah keunggulan. Menerima umpan dari sisi kiri, Marchisio melepas tendangan terarah dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras ke pojok gawang tanpa bisa dijangkau Curci.
Setelah gol itu, Roma baru mulai berbenah. Pelatih Luis Enrique memasukkan Bojan Krkic dan menarik Pablo Osvaldo. Namun langkah itu ditiru Conte dengan menurunkan Marco Borriello guna mengeser posisi Mirko Vucinic.
Setelah pergantian tersebut tak membuahkan hasil, pada menit ke-61 giliran Erik lamela yang masuk menggantikan Miralem Pjanic. Pun di kubu Juventus yang memberi kesempatan kepada Alessandro Del Piero menggeser tempat Fabio Quagliarella.
Akan tetapi, semua pergantian pemain itu tak mengubah hasil pada babak kedua ini. Hingga pertandingan berakhir, skor 4-0 untuk keunggulan Juventus masih tetap bertahan. I Bianconeri kini unggul tiga angka dari sang rival, Milan. Sementara Roma tertahan di urutan enam dengan 50 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar